Jumat, 03 September 2010

metabolisme erytrosit

malam ini malam sabtu dan besok otomatis saya libur dan tidak ada kegiatan perkuliahan (senganya~). Tapi malam ini saya merasa sangat bosan, i got nothing to do ! dan saya merasa sangat tidak enak badan seperti badan hanget, kepala uring - uringan, kaki pegel, isi dompet menipis sehingga menyakiti mata untuk melihatnya, hahaha !
Kemudian saya berfikir daripada buka - buka fb orang entah itu teman, musuh, gebetan, ato sodara saya yang gak jelas, lebih baik saya mengulas kembali kuliah saya tadi pagi yang kata sebagian temen saya membosankan dan sulit untuk dimengerti, tapi untungnya ada beberapa yang masih nyangkut di otak saya, hehee.

okee capcus ciin, lanjuut (itu kata2 banci mantan tetangga kos saya *masih terniang di telinga)............
 
tadi pagi kami (zein, psik unud 2009) belajar tentang metabolisme sel - sel darah da sel imun, kami diajar oleh dr. suru***ma (gag boleh nyebut merk, hehe). well karena saya sudah mulai mengantuk jadi saya langsung ajj jelasin apa rangkuman dari kuliah tadi pagi ! cekidot guys --> --> 

*metabolisme erytrosit (eng ing eng...)
saya akan menjelaskannya secara sederhana menurut sudut pandang saya, 
sel darah merah
erytrosit atau sel darah merah a.k.a RBC adalah komponen sel yang paling banyak terdapat dalam darah, tidak berinti dan berbentuk bikonkaf atau seperti lingkaran yang cekung di tengahnya (gag bisa membayangkan? tuh ad gambarnya, hehehe  ). nah karena tidak memiliki inti sel maka erytrosit tidak memiliki mitokondria yaitu komponen paling penting untuk melangsungkan metabolisme yaitu pada proses siklus krebs dan transpor elektron (di biologi sma dapet kok ini, hehe). tapi ternyata tuhan berlaku adil, erytrosit tetap bisa melakukan metabolisme di sitoplasma yaitu tepatnya glikolisis secara anaerob, nah lo apaan tuu?
nah dalam glikolisis ini kita menganal 10 tahap, dan hasil terakhir dari glikolisis anaerob ini adalah asam laktat, 2 ATP, dan 2,3 bifosfogliserat, kok bisa yy? ini dia tahapan - tahapannya, kita mulai !
1. pertama 
glukosa (yaitu bahan utama untu metabolisme, nah ini sebabnya kenapa kita harus tetap makan, karena darah membutuhkan si glukosa untuk dapat melakukan metabolisme) diubah menjadi glukosa 6 fosfat oleh enzim  heksokinase. tahap ini sifatnya irreversibel artinya gag bisa balik lagi. dalam tahap ini memerlukan 1 ATP.
2. kedua 
kemudian glukosa 6 fosfat ------------> fruktosa 6 fosfat (baca --------------> di ubah)
3. ketiga 
kemudian fruktosa 6 fosfat ------------> 1, 6 bifosfat. dalam tahap ini memerlukan 1 ATP. 
4. keempat 
kemudian 1, 6 bifosfat di ubah dan menghasilkan 2 molekul 3 karbon yaitu *DHAP (dihydroxyacetone) dan G3P (glyceraidehyde-3-fosfat)
5. kelima 
pada tahap ini DHAP akan diubah menjadi G3P agar tetap bisa di pakai.
6. keenam 
kemudian G3P ----------> 1,3 bifosfat. dalam tahap ini sangat memerlukan NAD+/NADH+H yang berfungsi untuk mengatur laju dan arah reaksi. 
7. ketujuh 
kemudian 1,3 bifosfat  -------> 3-posfogliserat atau 3PG dengan bantuan ion Magnesium. disini dihasilkan 2 ATP sehingga impas untuk mengganti ATP yang di pakai pada tahap 1 dan 3. 
8. kedelapan 
kemudian 3PG ------------>2PG dengan bantuan ion magnesium juga. 
9. kesembilan 
kemudian 2PG --------------> phosphoenolpyruvas (yang memiliki kemampuan lebih tinggi untuk melepas energi) 
10. kesepuluh
nah ini dy tahap terakhir.... phosphoenolpyruvas + H+(ion hidrogen) + ADP ------------> pyruvat dan 2 ATP, dan kemudian pyruvat tsb diubah menjadi asam laktat.

*hasil 2 ATP tersebut digunakan untuk memberi energi pada sistem pompa Na-K pada erytrosit yaitu untuk mengeluarkan Natrium dan memasukkan kalium agar menjaga erytrosit tidak mudah pecah (Na cenderung berikatan denga air).

waah panjaaang yy...eiit tapi itu belum selesai loo....hahaha..karena ternyata ada satu jalur lagi yang harus di tempuh...hehe, apa itu? ini diaa.....
*Jalur Heksosa Monofosfat...
pada jalur ini akan dibentuk NADPH yang berfungsi untuk mengubah methemoglobin -----> hemoglobin dan membebaskan erytrsoit dari asam peroksida (H2O2), karena H2O2 dapat memperpendek umur erytrosit. lho kok bisa? ini ceritanya...
NADPH memiliki tugas untuk mereduksi glutation yang teroksidasi sehingga mampu mengubah met-Hb ---> Hb dan H2O2 menjadi H2O. 

catatan : 2,3 biposfogliserat berfungsi juga untuk melepoas O2...

SEDERHANA KAN ! (ngarep T__T ***)

sebenernya ada lagi ni rangkaiannya yaitu transpor gas, tapi berhubung mata saya suda 5 watt, jadi saya sambung besok saja, hehe...

semoga dapat bermanfaat yy...maap kata-katany benar aneh dan mungkin sulit untuk dimengerti, hehe..
nite ! gbu, have a nice day tommorow... xoxoxoxo



source : dr. suru***ma :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar